Ambis (adj.)

Ambis. As far as I concern, berasal dari kata ambisius, yang menurut KBBI artinya  berkeinginan keras mencapai sesuatu (harapan, cita-cita); penuh ambisi. Sebutan buat orang-orang yang ngelakuin/ngerjain sesuatu dengan total, tapi menurut gue agak konotatif sih karena disini konteksnya "ambisi". Btw pardon me sok sok an jadi ahli bahasa. Atau ada juga kata "Ngambis" yang artinya.....pokoknya ngelakuin sesuatu dengan ambisius gitulah (it's a verb btw). Probably most of us have heard these lines before: "Ih ambis banget sih" "Ciee ngambis nih" "Yaelah gitu aja ngambis" et cetera. Some people use it in the right way, but some just don't. Agak irritating juga sih denger orang yang tiba-tiba nyeletuk and judge the other person right away, yang lagi ngerjain sesuatu, dengan kata "ambis"/"ngambis" itu. And here's a piece of my sight on it.


What's wrong with doing the best we can? Apa sih yang salah dengan kita yang usaha buat mencapai dan ngelakuin sesuatu, dengan cara yang (menurut kita) sah-sah aja?

Dari sepenglihatan gue sejauh ini, orang-orang yang nyeletuk ambis itu ya cuma orang-orang yang sirik, sirik karena gapunya semangat dan kemauan yang sama gedenya kayak orang yang lagi disirik-in itu. Sirik karena gak ada kerjaan. Yes, there must be a little, or a slight of envy in those lines I've told you before. Pokoknya, jangan menyalahartikan orang yang emang bener-bener ambis sama rajin/passionate. Because for me there's a gap between them. Gue kenal beberapa orang yang emang menurut gue ambis, yaa nyebelin sih emang. Dan ada juga yang ambis tapi diem diem. Adaa yang rajin tapi malah dibilang ambis. People are funny sometimes. Cuma karena seseorang ngelakuin hal yang beda dari yang lain (yang malah diomongin yang macem-macem), dicapnya aneh. Ya kalo misalnya kita ngeliat orang lain lagi rajin ngerjain sesuatu sedangkan kita lagi leha-leha, daripada komentar macem-macem, think to yourself "Is there anything I can do right now?" Entah itu ngerjain tugas yang belum selesai, make yourself useful in a group work, atau misalnya ngelakuin kegiatan lain yang at least a little less wasting time. 

My dear, sejauh hal yang dilakukan orang itu gak merugikan orang lain dan sekitarnya, it's all okay. Merugikan dia sendiri? Ya itu urusan dia. Sama Tuhan juga (mungkin). Gausah ribet-ribet mikirin urusan orang lain. Tapi kalo soal orang yang beneran ambisius sampai ngejatuhin orang lain, well, kita bisa kok jadi tinggi tanpa harus menjatuhkan orang lain. Kita bisa jadi baik tanpa menjelek-jelekkan orang lain. Toh tiap orang udah dikasih porsinya masing-masing sama Tuhan. Udah rejekinya masing-masing, sesuai proses dan usaha yang dijalanin masing-masing.

So calm down, be passionate, and work on whatever you're workin' on right now. 
And sometimes you have to mind your own business too.  

Comments

Popular Posts