Nenek dan Damri ke Bandung

         Siang hari pas Selasa sekitar dua minggu lalu, gue naik bus Damri dari Jatinangor ke Bandung (jadi gue naik yang jurusan Elang-Jatinangor), bermaksud untuk bimbingan sama dosbing di Sudirman. Kemudian gue duduk di bangku penumpang sisi kiri, paling depan, sebelahan sama nenek-nenek. Awalnya gue gak begitu notice, karena kebiasaan gue kalo naik transport umum adalah liatin jalanan aja. Terus beberapa menit kemudian nenek di samping gue nanya gue mau kemana, gue jawab tujuan gue, daaan one topic leads to another, and another.

        I called her "Ibu" karena gue mikir kalo manggil "Nenek" kayak gaenak aja gitu, walaupun I was pretty sure that she wouldn't mind. Asumsi gue waktu itu umur beliau sekitar 60an, tapi ternyataaa nenek umurnya 80an! Dan Juni mendatang, nenek akan berulang tahun yang ke-83. Nenek cerita kalau beliau suka banget jalan-jalan sendirian naik transport umum. Ke Jatinangor, Tanjung sari, atau sekedar sekitar Bandung (karena rumah beliau di Bandung). Waktu itu gue mikir, wah gila keren banget nenek ini. Gue bener-bener takjub. "Wah hebat ya, Ibu! Masih kuat jalan-jalan" gue terang-terangan mengutarakan kekaguman gue terhadap nenek. Nenek bilang "Iya nenek mah suka jalan-jalan biar gak pikun dan gak sakit lutut, biar ga stroke". Salut gak sih lo? Semoga orangtua gue juga bisa sehat selalu biar bisa kayak nenek ini. 

         Oh iya, nenek juga cerita tentang anak-anaknya. Beliau punya enam anak; satu laki-laki dan sisanya perempuan. Semuanya udah berkeluarga, jadi nenek tinggal sendiri. Anak laki-lakinya kerja di USA, udah delapan tahun gak pulang. Jadi nenek cuma berkomunikasi sama anak lelakinya itu lewat video call. Pas gue tanya kenapa anak beliau gak pulang, kata nenek ternyata susah kalau bolak balik masuk USA (probably because of the Trump effect; u know policy and stuff), dan lebih memungkinkan bagi anaknya buat memperpanjang masa tinggal di sana. Gila ga? Delapan tahun, anak dan ibu gak bisa ketemu. Gue gak pulang kerumah sebulan dua bulan aja masih suka ngenye. 

         Pun beliau cerita tentang almarhum suaminya, asalnya, pendidikan dan kerjaan anak-anak dan cucunya. She told stories of how her children succeed in their own ways, dengan bahagia. Sisanya, beliau tanya-tanya juga tentang gue dan keluarga gue. Gue seneng ajaa kalo ada orang yang cerita sama gue. Buat gue yang gak gampang confide in ke orang lain buat cerita, ngedengerin orang cerita makes me feel trusted enough and I luv it. 
         
        Gue dulu pernah bertekad suatu hari nanti gak mau ngebiarin nyokap atau bokap jalan-jalan sendirian naik transport umum. Gue mau nanti gue atau kakak gue bisa memfasilitasi orangtua kami biar menikmati masa tua dengan "nyaman"; dan nyaman versi gue di sini adalah tinggal duduk, tinggal bilang mau kemana, mau apa, terus sampai di tujuan tanpa perlu capek. Tapi perkataan nenek ada benernya juga, orangtua justru emang harus lebih banyak gerak ya biar tetep fit dan gak gampang sakit. Ternyata juga, gak semua bayangan orang-orang tentang "nyaman di hari tua" itu sama; take mine and nenek's for instance. Nenek nyaman ketika jalan-jalan sendirian naik transportasi umum. Toh anak-anak beliau juga fine fine aja dengan hobi jalan-jalan beliau. Sedangkan anggapan gue tentang nyaman di hari tua yaa itu tadi; serba dilayani.
        Terus, pengorbanan nenek yang ikut suaminya kerja di Bandung padahal nenek aslinya dari Jawa (either Jateng atau Jatim, lupa) yang probably semua kehidupannya di tempat asalnya, warms my heart. Rela ngelepas anak laki-laki satu-satunya di USA, padahal kalau anak laki-lakinya di Indo juga, nenek pasti bakal lebih 'diurus' karena as far as I concern, anak laki-laki punya tanggung jawab lebih ke ibunya walaupun doi udah berkeluarga. Rela tinggal sendirian, gak sama 5 anak perempuannya, mungkin karena gak mau membebani atau apa, gak tau.  Rela jalan-jalan sendirian, naik umum, do her own things which make her feel contented. Emang bener-bener ya, pengorbanan seorang perempuan, apalagi seorang ibu... *ingin menangos but I'm fasting rn*

         Pas nyampe belokan ke Sudirman (tempat gue turun), gue pamit sama nenek dan cium tangannya. Nenek bilang semoga kuliah gue lancar dan bisa meniti pendidikan setinggi-tingginya. Gue bilang semoga nenek sehat terus dan hati-hati kalau jalan-jalan. We didn't even know each other's name but we shared plenty stories yang sedikit banyak membuka pikiran gue, membuat perjalanan gue ke Bandung ga membosankan karena cerita-cerita beliau, yang malah mencerahkan pemikiran gue, dan bikin gue merenung. 

         Gue kagum sama kemandirian dan semangat beliau, dan... semuanya, I admire her. She's living her life with spirit in spite of her age. Bersyukur ketemu nenek ketimbang harus bengong liatin jalanan seperti biasanya. Teruuus kuingat nenek bilang kalau gue tidak terlihat seperti anak kuliahan yang pusing semester akhir, she said I looked like a highschooler, or college freshman, instead. HAHA makin senang deh aq.

Bu, wherever u are, probably sedang jalan-jalan, semoga ibu bisa sehat dan bahagia terus, dan semoga kita bisa mengenali satu sama lain kalau ketemu lagi!

Comments

Popular Posts